Pak Adang hadiri serah terima DIM RUU tentang MK

Anggota Komisi III DPR RI, Drs. H. Adang Daradjatun hadir dalam acara serah terima Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi (MK) dari Pemerintah kepada Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Bapak Adang Daradjatun pun mendapat amanah sebagai anggota panja dalam pembahasan RUU MK ini.

Pemerintah dalam acara serah terima tersebut diwakili oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, Menpan-RB Tjahjo Kumolo, Direktur Harmonisasi Peraturan Penganggaran Kementerian Keuangan Didik Kusnaini dan perwakilan dari Mahkamah Konstitusi. Adapun DIM secara resmi diserahkan Menkumham Yasonna Laoly kepada Komisi III melalui perwakilan pimpinan rapat, yang kemudian dilanjutkan dengan penetapan terhadap 101 DIM dari total sebanyak 121 DIM dalam RUU MK. Sementara DIM lain yang bersifat redaksional sebanyak 8 DIM dan yang bersifat substansi sebanyak 10 DIM, serta DIM yang bersifat substansi baru sebanyak 2 DIM akan dibahas lebih lanjut oleh Panitia Kerja (Panja) RUU tentang MK, terutama DIM yang bersifat substansi.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menyatakan, pemerintah siap membahas revisi UU Nomor 24 Tahun 2003 itu dengan DPR. Adapun beberapa hal yang menjadi catatan dalam RUU MK ini, yakni perihal pengaturan soal batas usia minimum hakim konstitusi dan persyaratan hakim konstitusi yang berasal dari lingkungan peradilan Mahkamah Agung. pengaturan batas pemberhentian hakim konstitusi karena berakhir masa jabatannya, anggota Majelis Kehormatan MK yang berasal dr akademisi yang berlatar belakang di bidang hukum, dan legitimasi hakim konstitusi yang sedang menjabat terkait dengan perubahan undang-undang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *