Pak Adang Hadiri Raker Prolegnas Prioritas 2021

Pada Hari Rabu, 25 November 2020, Pukul 19.00 WIB badan Legislasi (Baleg) DPR RI mengadakan Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Hukum dan HAM dan DPD RI dalam rangka pengambilan keputusan ata Penyusunan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2021, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun selaku salah seorang Anggota Baleg dari Fraksi PKS, menghadiri Raker ini.

Bapak Adang menjadi juru bicara Fraksi PKS yang membacakan sikap Fraksi atas Prolegnas Prioritas 2021, diantaranya :

  • Fraksi PKS mengusulkan kembali RUU tentang Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Keagamaan yang merupakan luncuran Prolegnas Prioritas Tahun 2020 masuk ke dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2021.
  • Fraksi PKS mengusulkan agar RUU tentang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) tidak dimasukan ke dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2021, dikarenakan telah menyebabkan polemik dan kegaduhan dalam masyarakat.

Baleg akhirnya menunda sementara pengambilan keputusan terkait daftar RUU yang masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas tahun 2021. Penundaan tersebut dikarenakan ada tiga RUU perlu proses pendalaman terhadap yakni RUU Ketahanan Keluarga, RUU Bank Indonesia (BI), serta RUU Badan Pembina Ideologi Pancasila.

Sebelum penundaan Raker sempat diskors selama 10 menit melakukan forum lobi. Namun, forum lobi belum mencapai kesepakatan. Oleh karenanya, rapat Baleg terkait keputusan final Prolegnas Prioritas 2021 ditunda dan dilanjutkan menunggu agenda yang akan ditentukan kemudian. (27/11/2020. TGN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *