Badan Legislasi bahas Penyusunan Peraturan DPR RI tentang Tenaga Ahli dan Staf Administrasi

Badan Legislasi DPR RI mengadakan rapat mengenai Perubahan Peraturan DPR RI No. 3 Tahun 2014 tentang pengelolaan Tenaga Ahli dan Staf Administrasi anggota DPR RI dengan Setjen DPR RI pada hari Senin, 1 Juli 2019.

Setjen DPR RI dalam hal ini menyampaikan bahwa, Peraturan DPR RI No. 3 tahun 2014 akan memasuki 5 tahun. Sehingga dengan adanya perubahan anggota dewan dan hasil evaluasi dalam pelaksanaannya, dipandang perlu untuk melakukan perubahan-perubahan pengaturan dalam rangka optimalisasi peran Tenaga Ahli dan Staf Administrasi anggota DPR, Alat Kelengkapan Dewan dan Fraksi sebagai penunjang pelaksanaan tugas dan fungsi DPR.

Rapat Badan Legislasi kali ini berlangsung cukup singkat dan bahasan yang berkembang di dalam rapat juga mengerucut pada beberapa poin penting yang diharapkan dapat menjadi upaya untuk peningkatan kualitas dan optimalisasi peranan Tenaga Ahli dan Staf Administrasi anggota DPR RI, Alat Kelengkapan Dewan dan Fraksi, Adapun poin penting yang muncul sebagai usulan dalam rapat adalah sebagai berikut;

  1. Adanya kepastian jumlah minimal Tenaga Ahli dan Staf Administrasi bagi anggota DPR, Alat Kelengkapan Dewan, dan Fraksi.
  2. Untuk Tenaga Ahli diusulkan adanya penambahan prasyarat, memiliki pengalaman sejenis minimal 3 tahun.
  3. Adanya kewajiban Tenaga Ahli Fraksi untuk menyusun Naskah Akademik dan Draft RUU yang merupakan inisiasi fraksi.
  4. Ketentuan bahwa calon Tenaga Ahli tidak boleh memiliki hubungan darah, kekeluargaan dengan anggota sampai dengan derajat ketiga.
    (2/7/2019) AO/GP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *